BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Front Office
Adalah merupakan departemen yang bertanggung jawab atas penjualan kamar hotel berdasarkan cara yang sistematik melalui reservasi hingga penyerahan kamar kepada tamu hotel dan memberikan pelayanan informasi kepada para tamu hotel selama mereka berada dan menginap dihotel . Dapat dilihat dari definisi diatas bahwa kantor depan merupakan departemen yang memiliki peranan sebagai penjual kamar dan secara langsung merupakan sumber pendapatan utama setiap hotel. Departemen memberikan layanan yang penuh kepada tamu dari sebelum tamu menginap, saat kedatangan tamu, selama tinggal di hotel, dan saat hendak meninggalkan hotel.
Kantor Depan adalah cermin dari kualitas hotel untuk pertama kali bagi tamu saat memasuki suatu Hotel, untuk itu kesiapan, kesigapan, ketepatan serta kemampuan semua karyawan di bagian kantor depan dalam menjalankan fungsi tugas dan tanggung jawabnya sangatlah menentukan dalam memberikan impresi baik maupun kurang baik atau buruk pada para tamu Hotel sebelum para tamu tersebut mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang lainnya saat mereka dating untuk menginap maupun tidak di suatu Hotel. Ingat ada dorongan motivasi berupa slogan bagi karyawan kantor depan sebagai berikut :
“Mungkinkah
kita mendapatkan kesempatan kedua untuk memberikan image yang baik kepada para
tamu kita “.
2.2 Tujuan Dan Fungsi Front Office
front
office secara operasional berhubungan dengan tamu dan area kerjanya tidak jauh
dari lobby, daerah yang paling ramai hilir mudik tamunya, oleh sebab itu bagian
ini disebut dengan bagian Kantor depan atau Biasa di sebut dengan front office.
Kantor depan hotel merupakan salah satu bagian dari hotel yang paling penting
dalam hal mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh hotel. Tujuan dari kantor
depan hotel adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan jumlah tamu langganan
- Meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ke tahun
- Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik, tepat dan cepat kepada tamu
- Membentuk citra hotel yang positif
Kantor depan hotel memiliki fungsi dalam mewujudkan
tujuan dari hotel, fungsi tersebut dilakukan oleh petugas kantor depan
sehari-hari, adapun fungsi-fungsi tersebut adalah
Menjual kamar, kegiatan yang dilakukan antara lain:
Menjual kamar, kegiatan yang dilakukan antara lain:
- Memberikan informasi mengenai seluruh produk, fasilitas, pelayanan dan aktivitas yang ada di hotel maupun diluar hotel
- Mengkoordinasikan kepada bagian lain yang terkait dalam rangka memenuhi keinginan tamu serta memberikan pelayanan yang maksimal
- Melaporkan status kamar yang terkini
- Mencatat, memeriksa pembayaran tamu serta menangani rekening tamu
- Membuat laporan yang dibutuhkan oleh hotel
- Memberikan pelayanan telekomunikasi untuk tamu
- Memberikan pelayanan barang bawaan tamu
- Menyelesaikan keluhan tamu
Selain
mempunyai fungsi yang penting, front office juga berperan penting dalam hal
pelayanan dan pencapaian tujuan hotel yakni memberikan pelayanan yang
diharapkan oleh tamu, membentuk citra hotel dan pendapatan yang maksimal.
2.3 Job Descroption
a. FO Manager
Area kerja Front Office Manager adalah Front Office area, Executive floor, dan Business center. Ringkasan pekerjaan Front Office Manager adalah menciptakan kepuasan tamu, dan memberikan kesan positif terhadap tamu di area kerjanya. Front Office Manager melaporkan tugasnya kepada General Manager dan staff bawahan dari Front Office Manager adalah staff dari front office
1.
Menyeleksi, menempatkan, melatih, dan mengevaluasi karyawan
front office
2.
Memastikan bahwa semua staff di front office menguasai
sistem komputer hotel, etika menerima telepon, dan standard operasional yang
ada di hotel
3.
Menjaga keharmonisan kerja dengan penjualan dan
pemasaran tentang harga kamar
4.
Menyambut tamu VIP
5.
Menangani keluhan tamu yang tidak bisa diselesaikan
oleh bawahannya
6.
Membuat laporan bulanan tentang daftar tamu, tingkat
hunian maupun keuntungan dan kerugian di bagian kantor depan
7.
Menjaga kedisiplinan petugas kantor depan dengan
memberikan peringatan dan sanksi bagi yang melanggar ketentuan
8.
Meningkatkan kualitas dan prestasi karyawan yang
berprestasi denagn memberikan penghargaan
9.
Membuat budget tahunan, menganalisis operasi, dan
pendapatan hotel secara harian dari sisi pendapatan dan rata – rata harga kamar
b. Assistant FO Manager
Area
kerja Assistant Front Office Manager adalah Front Office area, Executive floor,
dan Business center. Ringkasan pekrjaan assistant front office manager adalah
membantu kelancaran tugas di front office, menggantikan front office manager
ketika berhalangan, dan mengkoordinir beberapa tugas sesuai dengan deskripsi
pekerjaanya.
Staff
bawahan dari Assistant Front Office Manager adalah Duty Manager, Front Office
Supervisor, dan Supervisor level lainnya di department Front Office. Tugas
pokok Assistant Front Office Manager adalah
1.
Membantu pekerjaan front office manager dalam hal
control dan administrasi
2.
Membuat jadwal kerja Duty Manager, receptionist,
telephon operator, GRO, dan Concierge
3.
Memantau operasional di front office
4.
Mengarahkan dan mengawasi terhadap pekerjaan reception dan
conclerge
5.
Memimpin briefing pada waktu shift malam
6.
Terjun langsung ke operasional hotel pada saat tamu
ramai
7.
Menghadiri briefing pagi manajemen hotel dan mewakili
front office manager saat berhalangan hadir
8.
Menangani keperluan tamu yang membutuhkan bantuan
c. Duty Manager
Area
kerja duty manager adalah front office dan seluruh hotel yang ada hubungan
dengan tamu di hotel. Ringkasan pekerjaan Duty Manager adalah mendukung
pekerjaan operasional kantor depan secara menyeluruh dan mengontrol operasional
lintas departemen untuk shift tertentu. Atasan langsung Duty Manager adalah
Front Office Manager, sedangkan staff bawahan Duty Manager adalah front office
supervisor, front office staff, guest relation officer, concierge, dan business
center secretary. Tugas pokok duty manager adalah:
1.
Membantu tugas front office manager dan assistant front
office manajer dalam melaksanakan tugas operasional di front office
2.
Mendukung kelancaran proses chek-in dan chek-out di
front office
3.
Menangani kesulitan tamu dan staff di front desk
4.
Mengontrol operasional di seputar front office antara
lain : lobby, restaurant, bar, lounge koridor, dan kamar tamu
5.
Membuat laporan setiap shift tentang temuan dan
kejadian selama jam kerjanya
6.
Menyambut tamu VIP bersama dengan Front Office Manager
No comments:
Post a Comment